Kunjungi Pascasarjana, Prodi HKI UIN SMH Banten dan UIN RIL Jalin Kerjasama


Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten kunjungi Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) pada Senin (14/11/2022) di ruang sidang Pascasarjana. Kunjungan tersebut dalam upaya studi banding dan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Prodi S3 MPI UIN SMH Banten dengan Prodi S3 MPI UIN RIL, juga MoA antara Prodi S2 HKI UIN SMH Banten dengan Prodi S2 HKI UIN RIL. Kerjasama tersebut dalam hal pengembangan kompetensi akademik di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

Direktur Pascasarjana UIN RIL, Prof. Dr. Ruslan Abdul Ghofur, M.S.I., menyampaikan apresiasi atas kunjungan pascasarjana UIN SMH Banten.

“Terimakasih atas kunjungan Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Semoga kerjasama ke depan dapat dibangun dalam upaya akselarasi peningkatan akreditasi program studi yang ada di pascasarjana dengan cara salah satunya adalah join seminar antara dosen dan mahasiswa“, ujar Prof. Ruslan disela sambutannya sebagai Direktur.

Dr. Syaikhu, selaku Ka Prodi HKI, menyampaikan di sela-sela kunjungan ke Prodi HKI UIN RIL, menyampaikan kerjasama yang akan dibangun adalah pertukaran tim penguji tesis dan pembuatan jurnal prodi.

“Sekiranya bisa kita bangun untuk penguatan akreditasi prodi yakni pertukaran tim penguji tesis dan pertukaran artikel untuk jurnal prodi. Meski belum ada jurnal prodi, saya berharap, kita membuat jurnal prodi agar kita bisa saling tukar menukar artikel,” ujarnya saat berkunjung di ruang prodi.

Sementara Ka Prodi HKI Dr. Zuhraini, didampingi Sek Prodi Dr. Abdul Qodir Zaelani, M.A., menyambut baik kerjasama yang dibangun.

“Semoga kerjasama ini, konkrit dan bisa dilakukan secara bersama. Pertukaran tim penguji tesis dan pembuatan jurnal prodi. Jika bisa dilakukan, pertukaran dosen mengajar mahasiswa prodi HKI juga bisa dilakukan”, ujar Dr. Zuhraini.

Perlu diketahui, Penandatangan MoA dilaksanakan oleh Ketua Prodi S3 MPI UIN SMH Banten Prof. Dr. HE. Syarifudin, M.Pd. di dampingi sekretaris Dr. Rijal Firdaos, M.Pd. dan Ketua Prodi S3 UIN Lampung Prof. Dr. Agus Pahrudin, M.Pd., di dampingi Sekretaris Dr. M. Afif Amrullah.

Penandatangan MoA selanjutnya dilakukan oleh Ketua Prodi S2 HKI UIN SMH Banten  Dr. Sayehu, M.A., didampingi sekretaris prodi Dr. Usman Mustafa, M.A., dan Ketua Prodi S2 HKI UIN RIL Dr. Hj. Zuhraini, S.H. M.H., di dampingi sekreataris Dr. Abdul Qodir Zaelani, S.H.I., M.A.

Kunjungan dari Program Pascasarjana UIN SMH Banten yang terdiri dari Ketua & Sekretaris Prodi S3 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) & prodi S2 Hukum Keluarga Islam (HKI) beserta jajarannya disambut oleh Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Ruslan Abdul Ghofur, S.Ag., M.S.I., beserta segenap Ketua & Sekretaris Prodi, Kasubag Tata Usaha dan Jajarannya. (Abdul Qodir Zaelani).